Pertolongan Pertama Pada Kendaraan Saat Terjebak Banjir



Curah hujan yang cukup tinggi yang sudah berlangsung beberapa waktu menyebabkan munculnya genangan air serta banjir yang merendam sebagian kawasan ibu kota. Dengan tingkat pemakaian kendaraan pribadi jenis mobil yang cukup tinggi, warga kota Jakarta wajib mengetahui bagaimana pertolongan pertama saat mobilnya terjebak banjir.

Banjir memang menjadi momok bagi pengendara dan pemilik mobil. Kendaraan yang sudah terendam banjir dipastikan mengalami kerusakan. Namun ada beberapa cara pertolongan pertama terhadap kendaraan Anda agar kerusakan yang terjadi tidak bertambah parah.



1. Biarkan mesin mobil mati
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memindahkan kendaraan ke tempat yang lebih baik, kering, dan aman dengan cara didorong. Jangan pernah mencoba untuk menyalakan mesin mobil Anda. Sebaliknya lepaskan aki mobil atau minimal kabel negatif aki. Arus listrik yang dihasilkan aki dapat berakibat fatal jika terkena air. Selain itu jika Anda mencoba untuk menyalakan mesin, mesin akan berisiko kemasukan air dan menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

2. Hindari penggunaan rem parkir
Gunakan batu untuk mengganjal ban atau masukkan perseneling mobil ke posisi gigi 1 untuk kendaraan dengan transmisi manual dan posisi P pada kendaraan otomatis. Menggunakan rem parkir bisa menyebabkan menempelnya kanvas rem mobil terutama pada mobil yang masih menggunakan rem tromol.

3. Cek semua oli dan komponen mesin
Periksa semua jenis minyak pelumas yang ada di mobil Anda, mulai dari minyak rem, transmisi, pelumas mesin, dan lainnya. Jika sudah tercampur dengan air segera ganti minyak dengan yang baru. Untuk komponen yang wajib diperiksa diantaranya adalah busi, bagian penutup oli, saringan udara, sistem bahan bakar, V-Belt, dan sebagainya.

4. Kuras tangki bahan bakar
Bersihkan tangki bahan bakar mobil sebersih mungkin. Bahan bakar yang sudah tercampur air bisa menyebabkan mogok dan rusaknya komponen pembakaran. Cara membersihkan tangki tidak begitu sulit, cukup alirkan dengan selang dari lubang pengisian BBM, atau dengan melepaskan tangki mobil secara keseluruhan.

5. Bawa ke bengkel terdekat
Jika kendaraan Anda masih memungkinkan untuk dikendarai, silahkan segera dibawa ke dealer resmi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut karena kendaraan yang sudah menggunakan ECU sangat sensitif dan kemungkinan mengalami kerusakan akibat telah terendam banjir.


*dikutip dengan pengubahan dari http://infojakarta.net/pertolongan-pertama-pada-kendaraan-saat-terjebak-banjir/

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Please comment here ....